Tips menjaga rangka sepeda motor supaya tidak mudah keropos

di tahun 2023 banyak sekali terjadi fenoman di masyarakat tentang rangka sepeda motor yang patah. dan itu tentunya merugikan customer dan pengendara sepeda motor tersebut. 

apa itu chasis sepeda motor Chasis pada sepeda motor umumnya bisa juga disebut rangka sepeda motor adalah bagian yang paling dasar dari sepeda motor berfungsi untuk mendukung mesin, transmisi, suspensi dan sebagainya, serta untuk menjaga stabilitas pengendaraan dan kenyamanan.

para sales dan team pemasaran dari berbagai merek kendaraan memutar strategi dalam penjualan mereka supaya mampu menguasai pasaran. dari menjual produk dengan membuka cover body supaya terlihat rangka sepeda motornya, memberikan garansi berlebih sampai memberikan garansi uang kembali. 


rangka sepeda motor yang patah pun juga terjadi di berbagai merek. bahkan kita bisa mengingat merek apa yang sering mengalami patah rangka sepeda motor namun masih tetap saja disukai dan dicari oleh masyarakat indonesia karena tampilan body cover yang menarik pada merek tersebut.


Rangka sepeda motor yang mudah patah bisa disebabkan oleh beberapa faktor. Di antaranya seperti tekanan dan beban yang berlebihan, hingga faktor material dan proses produksi dari pabrikan yang kurang baik. Efek lingkungan dan pemeliharaan yang kurang baik juga memiliki peran penting dalam ketahanan rangka motor Anda. Selain itu, kecepatan dan gaya berkendara yang agresif bisa meningkatkan beban yang diterima oleh rangka hingga membuatnya cepat rusak.

Berdasarkan berbagai faktor penyebab tersebut, ada beberapa hal perlu diperhatikan dan diterapkan agar rangka sepeda motor Anda tetap terawat dan tidak mudah patah. Sebagai panduan, ikuti ulasan lengkapnya di bawah ini

  1.  Sering melakukan pemeriksaan 
  2. Sering dicuci apabila kotor 
  3. Tidak memarkirkan di bawah sinar terik matahari langsung
  4. Tidak membiarkan kehujanan secara terus menerus
  5. Kurangi menerjang genangan air
  6. Kurangi berkendara lewat jalur pada saat rob
  7. Jangan memarkirkan terlalu lama dilua ruangan jika di pesisir pantai

Tips menjaga rangka sepeda motor supaya tidak mudah keropos