SEJARAH SEPEDA MOTOR DAN PENGGUNAANYA DI INDONESIA BEGINI JENIS-JENISNYA

Apa Itu Sepeda Motor...?

MENURUT WIKI PEDIA Sepeda motor adalah kendaraan beroda dua yang digerakkan oleh sebuah mesin. Letak kedua roda sebaris lurus dan pada kecepatan tinggi sepeda motor tetap stabil disebabkan oleh gaya giroskopik. Sedangkan pada kecepatan rendah, kestabilan atau keseimbangan sepeda motor bergantung kepada pengaturan setang oleh pengendara.


Penggunaan sepeda motor di Indonesia sangat populer karena harganya yang relatif murah, terjangkau untuk sebagian besar kalangan dan penggunaan bahan bakarnya, serta biaya operasionalnya cukup hemat.


Di Indonesia, masyarakat lebih mengenal istilah sepeda motor dengan hanya sebutan motor saja. Ini kurang tepat menyebutkan kata motor yang sebenarnya merupakan sebuah alat yang mengubah energi menjadi tenaga mekanik.


Sepeda motor merupakan pengembangan dari sepeda konvensional yang lebih dahulu ditemukan. Pada tahun 1868, Michaux ex Cie, suatu perusahaan pertama di dunia yang memproduksi sepeda dalam skala besar, mulai mengembangkan mesin uap sebagai tenaga penggerak sepeda. Namun usaha tersebut masih belum berhasil dan kemudian dilanjutkan oleh Edward Butler, seorang penemu asal Inggris. Butler membuat kendaraan roda tiga dengan suatu motor melalui pembakaran dalam. Sejak penemuan tersebut, semakin banyak dilakukan percobaan untuk membuat motor dan mobil. Salah satunya dilakukan oleh Gottlieb Daimler dan Wilhelm Maybach dari Jerman.

Jenis - jenis atau Tipe Sepeda Motor


SPORT

Tipe sport adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk penggunaan balap dan kecepatan tinggi. Pengemudi yang mengemudikan sepeda motor berjenis sport ini relatif membungkuk ke depan dan posisi kaki yang sedikit ke belakang, posisi tersebut digunakan pada sepeda motor seperti ini agar tekananan angin dari arah depan yang berlawanan tidak menghantam tubuh pengendara yang membuat sepeda motor ini bisa melaju dengan kecepatan tinggi. Bodi sepeda motor seperti ini juga memiliki jarak yang dekat dengan tanah yang menyebabkan sepeda motor ini rendah, hal ini dikarenakan untuk menambah unsur aerodinamis sepeda motor pada kecepatan tinggi di sirkuit atau lintasan


STANDARD

Tipe ini adalah tipe sepeda motor berkopling dan memiliki jarak bodi dari tanah yang tinggi, sepeda motor tipe ini merupakan sepeda motor sport yang tidak menggunakan full fairing/tameng udara. Namun, desain bodi dan performa mesin yang lebih bertenaga dan kuat. Tipe sepeda motor sport naked ini digunakan dalam keperluan sehari-hari dan dapat dikendarai pada medan berbatu/berkerikil. Namun, tidak off-road secara penuh.


CRUISER

Tipe cruiser adalah tipe sepeda motor yang memiliki torsi mesin yang besar dan mempunyai kemampuan menarik beban besar. Biasanya sepeda motor jenis ini identik dengan mesin 2 silinder, riding position yang santai dan bergaya Chopper. Posisi tangan pengendara lebih tinggi daripada posisi duduk dan posisi kaki yang selonjor ke depan. Contoh sepeda motor tipe ini adalah produk pabrikan Harley Davidson dan Bajaj Avenger.


TRAIL / OFF-ROAD

Tipe trail adalah tipe sepeda motor yang dikhususkan untuk melibas medan berat/Off Road. Misalnya medan berbatu dan berlumpur. Sepeda Motor jenis ini mempunyai ciri kontur ban kasar, menyerupai pacul/bergerigi kotak-kotak. Sepeda motor jenis ini mempunyai torsi besar dan tahan banting. Jarak bodi dari tanah relatif tinggi. Sepeda Motor jenis ini tidak mengejar top speed, tetapi akselerasi. Sepeda Motor jenis ini memiliki jenis suspensi yang lebih daripada sepeda motor lain karena penggunaannya di medan berat


BEBEK

Tipe ini adalah tipe sepeda motor manual tanpa kopling yang memiliki Kapasitas Silinder (CC) kecil. Namun ada pula yang menggunakan kopling untuk beberapa tipe bebek sport. Tipe sepeda motor ini yaitu model bodi yang bercorak dari jok pengendara ke bawah kemudian naik ke stang kemudi. Posisi pengendara untuk sepeda motor ini tegak


SKUTER

Tipe skuter adalah kendaraan bermotor roda dua yang memiliki lantai di bagian dasarnya untuk diinjak oleh pengendara. Jika pada sepeda motor biasa mesin diletakkan di bagian bawah rangka tengah, maka skuter memiliki posisi mesin di belakang, bisa dibagian samping atau depan roda belakang, dengan posisi di bawah tempat duduk pengendara. Skuter biasanya memiliki ukuran roda yang kecil, di bawah 16 inci.


SELANJUTNYA MARI DISKUSIKAN ATAU SEBUTKAN TIPE SEPEDA MOTOR BESERTA CONTOH MEREKNYA YA SOBAT DI DALAM KOLOM KOMENTAR. BAGI YANG MEMBERIKAN JAWABAN PALING MENARIK SEMOGA BISA MEMBANTU UNTUK MEMPERMUDAH PEMBELAJARAN BUAT TEMAN-TEMAN SEMUA... TERIMAKASIH

SEJARAH SEPEDA MOTOR DAN PENGGUNAANYA DI INDONESIA BEGINI JENIS-JENISNYA